Memanfaatkan Teknologi sebagai Strategi Bisnis untuk UKM

Memanfaatkan Teknologi sebagai Strategi Bisnis untuk UKM


Memanfaatkan Teknologi sebagai Strategi Bisnis untuk UKM - Perang perdagangan dunia dan pecahnya pandemi Covid - 19 memiliki dampak mendalam pada perekonomian di Indonesia.
Tantangan ekonomi saat ini sangat berat. Orang-orang dalam keadaan hati-hati dan sangat berhati-hati dengan membatasi perjalanan dan konsumsi, tentu saja ini berdampak pada pembelian dan penjualan di pasar.

Berbagai elemen yang terkena disebut restoran, pasar, pusat perbelanjaan, transportasi online, hingga pemilik UKM.

Berbeda dengan krisis ekonomi yang pernah terjadi dulu pada tahun 1998 dan 2008, UKM dapat mendukung perekonomian karena mayoritas dari mereka belum memiliki akses keuangan dan modal sehingga mereka tidak mendapatkan pengaruh besar.

Tapi kali ini, UKM menjadi salah satu yang paling rentan terhadap dampak Covid-19.
Kini untuk menjaga bisnis UKM tetap bertahan, bisa memanfaatkan teknologi.


Manfaatkan media sosial sebagai saluran pemasaran utama

Di tengah-tengah kondisi ini di mana orang didorong untuk bertemu tatap muka dan keluar rumah, media sosial dapat menjadi salah satu cara mempromosikan produk atau bisnis yang Anda miliki jika Anda belum mencobanya.

Banyak UKM di Indonesia saling membantu dengan bisnis saat ini, mulai dengan secara aktif memberi tahu produk atau bisnis Anda, memberikan promo, hingga meminta teman untuk membantu mempromosikan bisnis.


Pastikan Arus Kas Dipertahankan Sehat

Arus kas adalah elemen terpenting dalam bisnis, sehingga pemilik bisnis harus mampu mengelola uang secara optimal dan baik.

Dengan situasi ini, ada pemilik bisnis yang terhambat dalam melakukan penagihan dan pembayaran kepada mitra bisnis karena biasanya dilakukan tatap muka. Perangkat lunak akuntansi online seperti Jurnal, dapat membantu bisnis membuat tagihan dan dokumen pembayaran dengan mudah.

Faktur (faktur) dapat dikirim atau diterima secara otomatis melalui email sebagai pemberitahuan resmi kepada mitra bisnis untuk melakukan transaksi tanpa perlu secara fisik bertemu pelanggan.

Fitur Jurnal Bayar juga memudahkan pemilik bisnis untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Journal Bayar tersedia untuk Rekening Virtual (transfer bank) dan pembayaran Kartu Kredit dengan biaya minimal dan pengaturan satu kali.

Tidak hanya itu, pencatatan pembukuan untuk pembayaran yang telah diterima akan dilakukan secara otomatis oleh sistem secara instan.


Merencanakan kembali Pendapatan dan Memotong Anggaran

Melihat kembali rencana anggaran sangat penting saat ini. Pemilik bisnis harus dapat memilah mana item anggaran yang menjadi prioritas dan membuat penyesuaian anggaran dengan kondisi saat ini untuk menjaga bisnis berjalan dengan risiko yang diantisipasi.


Fitur penganggaran dalam Jurnal akan membantu pemilik bisnis membuat item anggaran pengeluaran dan pengeluaran sebagai referensi saat mencatat penjualan dan pengeluaran operasional, sehingga margin keuntungan dapat dikontrol.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel