Peran Teknologi Informasi dalam Layanan Publik -

Peran Teknologi Informasi dalam Layanan Publik - Menyediakan layanan publik yang sangat baik adalah tujuan dari setiap pemerintah daerah. Pemerintah daerah saat ini bersaing untuk menerapkan dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk dapat membantu mewujudkannya.

Peran Teknologi Informasi dalam Layanan Publik


Peran Teknologi Informasi

Penggunaan teknologi informasi mencakup kegiatan yang saling berhubungan yaitu pemrosesan data, manajemen informasi, dan sistem manajemen.

Perkembangan teknologi informasi dan penerapan konektivitas internet ke dalam pemerintahan pemerintah diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah melalui peningkatan efisiensi, inovasi, produktivitas, perluasan jangkauan dan penghematan biaya.

Layanan publik yang sangat baik tidak hanya mengikuti tren global, tetapi diarahkan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, yaitu pemerintahan yang baik, transparansi dan akuntabilitas dalam proses pemerintahan.

Penerapan teknologi informasi juga diharapkan mampu memberikan layanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat, ini tentunya merupakan langkah strategis. Namun, dalam penerapannya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu proses, waktu, dan tahapan yang berkelanjutan

Penerapan teknologi informasi dalam meningkatkan layanan publik juga memberikan peluang besar bagi pembangunan daerah. Di mana daerah dapat menggunakan teknologi informasi untuk menyederhanakan proses layanan, memperkenalkan potensi regional, dan meningkatkan interaksi dengan masyarakat dan bisnis.


Salah satu contoh penerapan pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan publik adalah dengan menggunakan Aplikasi mCity Indonesia. Aplikasi mCity Indonesia adalah aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan sebagai media informasi dan pusat layanan publik regional.


Informasi dan layanan yang tersedia di Aplikasi mCity meliputi: wisata, kuliner, hotel, fasilitas publik, katalog UMKM, dan termasuk layanan publik seperti informasi lisensi, pajak elektronik, Sistem Manajemen Darurat Terpadu (SPGDT), aspirasi, harga makanan,
Informasi Penerbangan Sistem Detail (FIDS), dan layanan unggulan regional lainnya.
mCity juga memiliki fitur interaktif, seperti streaming CCTV, Augmented Reality (AR) berbasis lokasi, dan Virtual Reality (VR).



Dengan informasi dan layanan lengkap yang dimiliki mCity, kami berharap semua informasi dan layanan publik regional dapat diringkas dan diintegrasikan di satu sisi, Anda juga harus bisa menggunakan aplikasi ini karna akan sangat membantu anda.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel