Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Tag Deskripsi Dalam SEO?

Cara mengoptimalkan tag deskriosi


Tag deskripsi dalam SEO: definisi dan optimisasi
Deskripsi meta, seperti judulnya, adalah bagian dari daftar tag HTML yang berguna untuk mengoptimalkan visibilitas situs Anda secara online dan peluang interaksi dengan pengguna Internet.

Meskipun ini bukan faktor pengungkit dan SEO bagi Google sendiri untuk memposisikan dirinya di atas, tag ini tetap menempati tempat yang penting: tag ini memungkinkan pengguna untuk memiliki ikhtisar konten yang Anda dengar Baca.

Untuk Google dan mesin pencari lainnya, tag ini tidak menarik langsung. Di sisi lain, terkait dengan tag Judul yang ditulis dengan cerdik, tag ini meningkatkan RKT ( rasio klik per tayang) situs web Anda. Dan seperti yang kita ketahui sekarang, rasio klik-tayang ini menjadi pertimbangan Google untuk menilai relevansi dan kualitas konten online Anda.

Bagaimana cara mengoptimalkan tag deskripsi meta? Apa efek yang akan dimiliki pengoptimalan ini?



Apa itu tag deskripsi meta?

Deskripsi meta adalah tag yang ditampilkan pada SERP (Hasil Halaman Mesin Pencari), sehingga memungkinkan pengguna Internet untuk menghargai konten yang ditawarkan kepadanya.

Itu harus ditautkan ke tag Judul, mendorong pengunjung untuk mengklik hasil yang dikirimkan kepadanya. Itu juga harus mengandung setidaknya kata kunci utama halaman Anda, jika tidak beberapa yang berkaitan dengan tema Anda.

Akhirnya, itu harus ditulis untuk manusia agar dapat dimengerti. Kalimat itu harus membuat Anda ingin tahu lebih banyak dan terstruktur dengan baik sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Menggunakan kata kerja tindakan, emotikon, angka dapat meningkatkan RKT.

Deskripsi ini lebih tentang pemasaran dan persuasi daripada SEO. Informasi yang diberikan dalam deskripsi dimaksudkan untuk menarik perhatian pengguna Internet dan mendorong mereka untuk mengunjungi halaman. Ini sering diabaikan, seperti mengoptimalkan tag file gambar .

Tag deskripsi meta terletak di bagian atas kode HTML setiap halaman. Oleh karena itu di tag Kepala yang terletak. Secara konkret, dibutuhkan bentuk berikut:

<meta name = "description" content = "Deskripsi konten saya">

Anda akan memperhatikan bahwa itu dipecah menjadi 2 bagian:
  • meta name
  • Content
Masing-masing bagian ini bertujuan untuk menyediakan pengguna Internet dengan informasi terbaik, serta mesin pencari.

Namun, untuk tag Judul, mereka yang belum tahu HTML akan menemukan keselamatan mereka berkat plugin yang menawarkan kemungkinan mengisi bidang yang didedikasikan untuk deskripsi meta ini, tanpa melalui kode HTML. SEOpress dan Yoast misalnya, merespons konfigurasi ini.

Apa kendala yang terkait dengan tag deskripsi meta?

Ada kriteria khusus untuk tag ini. Kegagalan untuk mematuhinya dapat mengakibatkan tampilan sewenang-wenang sebagian dari konten Anda, yang mungkin tidak selalu memenuhi harapan pengguna.

Panjang deskripsi meta

  • Untuk memastikan seluruh deskripsi meta Anda ditampilkan pada setiap cuplikan dari setiap halaman Anda, Anda harus menghormati ukuran maksimum yang ditoleransi oleh Google.

  • 1024 piksel tersedia untuk memungkinkan Anda meringkas konten Anda. Ruang yang dialokasikan ini mewakili antara 150 dan 160 karakter. Dengan menghormati titik ini, Anda akan yakin tidak melihat tag yang tampilan pada SERP terpotong.


  • Lihat artikel kami tentang panjang konten dan pentingnya SEO .

    Saat ditampilkan di posisi di Google , deskripsi tidak digunakan, diganti dengan elemen yang diambil dari konten halaman.

    Catatan : Ada kasus di mana kita melihat tampilan ukuran 320 karakter dalam tag ini. Namun, konfigurasi ini bukan aturan, lebih disukai untuk tetap pada panjang maksimum yang disarankan (1024 piksel).

    Deskripsi meta harus unik

    Jika Anda memiliki ide untuk membuat ringkasan umum yang akan Anda terapkan pada setiap halaman situs Anda, itu adalah taruhan yang aman bahwa Google akan menjadi juri terakhir dan memutuskan untuk menampilkan ekstrak dari setiap teks sebagai deskripsi.

    Seperti kita ketahui, Google membenci konten duplikat . Jika Anda hanya meniru deskripsi meta yang sama dengan elemen yang sama untuk setiap halaman di situs Anda, Google dapat menghukum Anda atau hanya memutuskan sendiri apa yang tampak relevan.

    Namun, kami tahu bahwa memalukan untuk memilih Google, terutama jika pengoptimalan dimungkinkan ...

    Baca juga:
    Cara mengoptimalkan SEO pada posting blog

    Konten apa yang harus disukai untuk deskripsi meta?

    Kepada semua orang yang berniat untuk mengisi tag ini dengan kata kunci, kami katakan “Perhatian! “.

    Pada saat pengindeksan, robot akan merayapi konten setiap halaman untuk menilai relevansinya dan memberikannya posisi . Namun, jika deskripsi meta yang mereka temukan hanya serangkaian kata kunci yang dimasukkan di sepatu sepatu, itu bisa digunakan untuk spamdexing. Dalam hal ini, ada kemungkinan besar halaman Anda akan menderita karena pertimbangan buruk dari mesin pencari.

    Bahkan jika itu lolos dari celah, halaman Anda akan ditampilkan pada SERP dengan serangkaian kata kunci yang sedikit menarik bagi pengguna Internet. Alih-alih mengirimkan ringkasan yang menarik, rendering mungkin menakuti pengguna, menarik sedikit atau tidak ada perhatian.

    Pada kenyataannya, elemen ini harus dikerjakan (tanpa kelebihan) untuk memastikan bahwa harapan pengguna internet terpenuhi.

    Konkretnya, di luar kata kunci yang terkait dengan sektor aktivitas Anda, kontennya harus eksplisit:
    • Cukup pelajari cara membersihkan cerobong Anda sendiri, dengan aman dan terjangkau.
    • Datang dan pelajari lebih lanjut tentang pendingin udara reversibel. Anda akhirnya dapat memilih model yang cocok untuk Anda, tanpa bantuan seorang profesional.

    Tentu saja, kata kunci yang ditargetkan hadir untuk memandu pengguna Internet, tetapi proses ini terutama bertujuan untuk membuatnya mengambil risiko dengan mengklik pada artikel Anda . Oleh karena itu praktik ini lebih banyak pemasaran daripada SEO. Di sisi lain, semakin banyak minat halaman Anda akan menghasilkan, semakin banyak Google akan menganggapnya relevan dan otoritatif dalam tema Anda. Konsekuensinya, posisinya dapat ditingkatkan. Ini adalah alasan mengapa konsultan SEO yang baik tidak akan menyisakan ruang dengan mengisi tag deskripsi meta dengan cermat.

    Karena itu kami harus menulis tag ini dengan mengingat bahwa kami ingin menarik klik dengan memberikan solusi kepada pengguna Internet. Karena itu kami melupakan pengisian sistematis dan tanpa pertimbangan yang mendukung tulisan yang dipikir untuk merayu dan memenuhi harapan pengunjung.

    Catatan : Seperti judul halaman, deskripsi meta harus rapi. Situs tanpa deskripsi meta diberi kutipan dari setiap halaman untuk mengatasi kekurangan ini. Dalam beberapa kasus, pendekatan ini bisa berhasil, tetapi tidak ada yang dapat menggantikan konten yang ditulis dengan baik. Jika halaman Anda tidak mencapai hasil yang diinginkan, meskipun visibilitasnya bagus, mungkin akan menarik untuk menganalisis semua tag deskripsi meta dari situs web Anda ... Anda pasti akan melihat korelasi dengan rasio klik-tayang halaman Anda.

    Uraian meta bukan SEO tetapi bisa penting

    Meskipun pentingnya dari sudut pandang referensi alami adalah nol, tag ini tidak boleh diabaikan dalam hal lalu lintas dan alat insentif klik .

    Karena itu adalah salah satu dari beberapa item yang akan ditampilkan kepada pengguna selama pencarian mereka, itu harus dikerjakan dan menarik perhatian. Tidak ada gunanya mengisinya secara prinsip, termasuk di sana-sini kata kunci utama Anda. Penting untuk menulisnya dengan nada alami, kalimat yang dibangun dengan baik, yang dirancang untuk mengatasi pengguna Internet.

    Katakan pada diri Anda bahwa deskripsi meta memainkan peran showcase dan "trailer" untuk setiap halaman situs web Anda . Ini akan memungkinkan Anda untuk mendorong perilaku di antara pengguna Internet, sehingga menjamin Anda untuk menarik lalu lintas, atau bahkan untuk mengkonversi.

    Ditambah dengan optimalisasi halaman arahan , judul dan deskripsi akan memperkenalkan pengguna Internet ke awal terowongan konversi.

    Alih-alih menganggap tag ini sebagai kendala, lihat ini sebagai elemen tambahan selain daftar panjang alat yang tersedia untuk mengoptimalkan situs web Anda.

    Jika mesin pencari tidak peduli, katakan pada diri Anda bahwa pengguna Internet akan dapat mendeteksi deskripsi meta yang dibuat dengan baik. Bukan hanya SEO yang mengubah dan mendapatkan visibilitas. Ingatlah untuk mengoptimalkan konten yang sudah ada di bagian atas hasil Google!

    Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengoptimalkan Tag Deskripsi Dalam SEO?"