Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Untuk Mempersiapkan Strategi SEO E-Commerce

Persiapkan strategi seo e-commerce
Banyak perusahaan memasuki bisnis online dengan membuat situs e-commerce . Namun, dengan ledakan internet, semua merek ditemukan di satu tempat. Konsumen membandingkan harga dan menawarkan lebih banyak. Untuk membedakan diri Anda dan memberikan visibilitas ke toko online Anda, penting untuk membuat strategi visibilitas yang mencakup referensi alami.

Mengapa SEO adalah kunci kesuksesan Anda? Bagaimana Anda menempatkan strategi yang berhasil? Apa tips untuk membuat bisnis online Anda populer?

Dengan menelusuri publikasi ini Anda akan dapat memvisualisasikan elemen-elemen paling penting untuk mengoptimalkan referensi situs E-commerce dan untuk melakukan audit SEO lengkap dari strategi akuisisi lalu lintas Anda saat ini.

Baca juga:
Strategi bisnis E-Commerce dalam meningkatkan penjualan

SEO, juga dikenal sebagai SEO, memiliki banyak manfaat untuk mendapatkan visibilitas. Penggunaannya membantu untuk mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari dan meningkatkan posisi situs web Anda di SERPs.

Anda dapat membaca glosari SEO kami untuk membiasakan diri dengan istilah SEO yang paling umum.

Buktikan dengan angka
Beberapa tokoh kunci yang perlu diingat saat membuat strategi SEO Anda:

  • 44% pengguna mencari di Google ketika mereka membutuhkan produk.


  • 37,5% dari lalu lintas e-commerce berasal dari mesin pencari.


  • 23,6% toko online menjual sebagai hasil pencarian di Google, Yahoo atau Bing.


  • Hari ini setiap orang memiliki akses ke internet. Baik di komputer, tablet atau seluler, konsumen sudah terbiasa meneliti Google. Inilah alasan mengapa perusahaan Anda harus secara aktif hadir dalam hasil yang disajikan. Anda harus berada di tempat yang tepat di waktu yang tepat.

    Jika situs Anda dalam hasil pertama, Anda mendapatkan visibilitas, ketenaran dan Anda meningkatkan klik dan penjualan. Misalnya, Anda ingin memberikan arloji untuk Natal kepada anggota keluarga Anda. Di bilah pencarian, Anda akan mengetik "Arloji kado Natal" dan kemudian mengunjungi semua situs pertama yang disajikan kepada Anda, karena Anda mempercayai Google dan relevansi hasil-hasilnya.

    Untuk memastikan keberhasilan bisnis Anda, bekerja pada posisi situs Anda sehingga berada di hasil pertama. Secara otomatis, Anda mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

    Penjualan yang ditargetkan
    Dengan menyiapkan strategi referensi alami, Anda berinvestasi dalam strategi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Dibutuhkan waktu dan uang untuk membuat konten yang diperlukan dan memposisikannya, tetapi begitu hasilnya tercapai, kontribusi dapat dipertahankan sepanjang waktu selama Anda mempertahankannya. Oleh karena itu, semua penjualan yang Anda hasilkan dari pekerjaan SEO ini akan memiliki pengembalian investasi yang sangat menguntungkan. Ini hanya keuntungan untuk bisnis Anda.

    Untuk lebih cepat, adalah mungkin untuk berinvestasi dalam iklan Google melalui platform Google Ads . Hal ini memungkinkan perusahaan membayar untuk ditempatkan dengan baik sesuai dengan kata kunci tertentu.

    Akhirnya, karya referensi alami memberi bisnis Anda peluang untuk menargetkan target lebih banyak dan memiliki konversi lebih tinggi. Tujuan SEO adalah memposisikan diri Anda pada kata kunci yang relevan sesuai dengan bidang aktivitas Anda. Dengan melakukan pencarian tertentu, pengguna akan mengetik permintaan tertentu. Dengan hadir dalam hasil, prospek melihat Anda sebagai ahli dalam masalah ini. Orang yang menyukai industri Anda akan lebih mudah menemukan Anda. Mereka lebih menyukai tawaran Anda.

    Apa langkah-langkah untuk mempersiapkan strategi SEO E-commerce Anda?

    Semua tentang SERP
    Sebelum Anda mulai, Anda perlu mempelajari industri Anda di mesin pencari. Bergantung pada sektor Anda dan topik yang dibahas, lihat hasil apa yang diperoleh selama penelitian. Kata kunci apa yang digunakan pesaing Anda? Pada tema apa mereka diposisikan? Apakah mereka mencakup seluruh sektor? Apa posisi masing-masing di peringkat?

    Setelah pengamatan ini, sebelum membuat strategi referensi alami Anda, bedakan berbagai pencarian yang dilakukan oleh konsumen sesuai dengan niat mereka:

    Penelitian transaksional:
    pengguna Internet ingin membeli. Biasanya rumus yang diketik di bilah pencarian cara "memesan" atau "membeli". Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan produk dengan segera. Jika penawaran Anda tidak disorot, situs Anda hanya akan menjadi patokan terhadap pesaing.

    Pertanyaan navigasi:
    melalui mereka, prospek melakukan pencarian sederhana untuk menemukan sesuatu yang spesifik. Tidak ada tujuan pembelian. Mereka dapat diringkas, misalnya, untuk mengetik "Apple" di Google dan dengan demikian mengakses situs.

    Penelitian informasi:
    seperti yang sebelumnya, tidak ada keinginan untuk membeli di sini. Tujuannya adalah untuk melakukan penelitian sehubungan dengan kebutuhan atau pertanyaan. Tapi itu bisa menjadi awal pembelian. Memposisikan diri sendiri di sana bisa menarik.

    Bergantung pada pencarian yang dilakukan oleh pengguna, hasil mesin pencari berbeda dan disesuaikan dengan niat pencarian. Untuk meningkatkan penjualan e-commerce Anda, bertaruh pada permintaan transaksional. Mereka memiliki kekuatan penjualan nyata. Untuk menjangkau mereka, gunakan kata kunci spesifik dan strategis. Jangan lupa untuk menempatkan diri pada riset informasi yang terkait dengan sektor aktivitas Anda untuk menarik pelanggan di masa depan.

    Bagaimana memposisikan diri Anda pada kata kunci yang menghasilkan penjualan?

    Siapa bilang memiliki strategi referensi alami untuk toko online-nya juga berarti menemukan kata kunci yang akan terlihat.

    Namun, ada dua situasi kompleks:
    • Kata kunci utama yang dipilih terlalu populer. Persaingan yang satu ini begitu hebat sehingga tidak mungkin bagi Anda untuk menemukan tempat untuk diri sendiri pada kata ini dalam waktu dekat.
    • Kata yang dipilih tidak populer. Anda berhasil menempatkan diri di mesin pencari, tetapi yang ini tidak memberi Anda traffic.
    • Untuk mengatasi dua skenario ini, analisis pasar dan situs yang ada secara menyeluruh. Dengan pendekatan ini, temukan keseimbangan sempurna antara popularitas dan klik.

    Bagaimana Anda menemukan kata kunci yang sempurna?

    Menemukan kata kunci yang tepat adalah langkah pertama dalam strategi SEO Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi konten yang Anda butuhkan untuk dapat dilihat. Tanpa karya ini, tidak mungkin untuk menentukan nama produk Anda, untuk mengoptimalkan lembar deskripsi Anda ...

    Jika Anda melewati langkah ini, Anda akan dihadapkan pada dua situasi yang tercantum di atas.

    Untuk menemukan kata kunci yang sempurna untuk toko online Anda, ada berbagai teknik.

    Amazon
    Yang pertama adalah pergi ke Amazon. Menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi di dunia, ini adalah tambang kata kunci. Di bilah pencarian, ketikkan berbagai jenis produk yang Anda jual. Daftar saran akan terbuka. Hasil otomatis mewakili pencarian paling populer di situs. Di sini Anda memiliki saran kata kunci penting untuk dimasukkan ke dalam halaman produk dan konten Anda. Kata-kata itu seringkali panjang. Gunakan mereka: mereka memiliki kekuatan konversi yang hebat.

    Dominator alat kata kunci

    Dominator alat kata kunci mengelompokkan semua pencarian di platform e-commerce yang berbeda seperti eBay, Google Shopping… Menggunakan kata yang Anda ketikkan, alat ini memberi Anda daftar panjang kata kunci yang dapat digunakan di situs Anda.

    Kompetisi
    Persaingan Anda dapat menjadi sumber kata kunci. Jangan abaikan mereka, sebaliknya. Untuk menonjol dan menyediakan tempat bagi Anda, ketahui latihan mereka. Inilah cara melakukannya:

    Di Google, ketikkan kata kunci yang mewakili penawaran Anda atau produk tertentu.

    Klik pada semua situs teratas di peringkat. Menganalisis nama kategori produk dan lembaran produk. Di sana Anda akan menemukan kata kunci utama yang digunakan oleh kompetisi.

    Wikipedia
    Salah satu sumber yang tak terhindarkan adalah Wikipedia. Terlepas dari pencarian, situs ini selalu keluar di hasil pertama. Mereka secara strategis menggunakan banyak kata kunci dan mengunyah pekerjaan Anda. Buka Wikipedia dan kemudian di bilah pencarian, ketikkan nama produk atau layanan yang Anda jual. Anda hanya perlu memeriksa kata kunci yang digunakan pada halaman yang disajikan kepada Anda.

    Ahrefs
    Anda memiliki akses ke daftar kata-kata sesuai dengan bidang kegiatan Anda. Anda dapat mengatur pencarian berdasarkan popularitas, panjang dan volume pencarian. Untuk penargetan yang tepat, Ahrefs menyediakan akses ke kata kunci ekor panjang.

    Perencana Kata Kunci Google

    Gratis, Google memberi Anda akses ke popularitas kata-kata yang diketik di mesin pencari ini. Memiliki saran yang lebih lemah, sangat strategis untuk referensi alami Anda untuk melengkapi hasil yang diperoleh dengan alat lain yang disebutkan di atas.

    Bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat?

    Anda sekarang memiliki daftar kata-kata, tetapi Anda tidak tahu mana yang harus digunakan. Mana yang relevan dengan situs Anda?

    Untuk mendapatkan penjualan dan popularitas dengan kata kunci, penting untuk menganalisis:
    • Popularitas kata adalah volume pencarian
    • Biaya per klik pada Adwords
    • Penggunaan kata ini oleh situs lain
    • Tautan antara kata kunci dan produk. Bisnis Anda seharusnya tidak menggunakan kata-kata yang tidak cocok dengan produk.

    Untuk membantu Anda dalam pilihan Anda, alat-alat seperti SEMRush atau Smartkeyword memberikan akses ke data penting mengenai kata kunci. Bergantung pada kata yang dimasukkan, mereka memberi tahu Anda jika kompetisi tinggi atau jika Anda memiliki kesempatan untuk memposisikan diri Anda di situ.

    Bagaimana cara menganalisis pesaing e-commerce?

    Langkah selanjutnya dalam strategi SEO Anda adalah membayangkan struktur situs web Anda. Ini berdampak pada SEO bisnis Anda. Inilah alasan mengapa elemen ini harus dipertimbangkan.

    Untuk memulai, kunjungi situs pesaing Anda. Bagaimana mereka diorganisasikan? Apa kategorinya? Lihatlah sepenuhnya pengalaman pengguna Anda. Dengan demikian Anda akan dapat mengetahui apa yang Anda inginkan untuk situs Anda, praktik yang harus dihindari, elemen yang hilang untuk membuat perbedaan ...

    Dari awal tahapan ini, kompetisi telah memainkan peran penting dalam membentuk strategi SEO Anda. Intinya bukan untuk menyalin, tetapi hanya untuk terinspirasi dan membuat bisnis Anda berbeda. Jika Anda memiliki ide untuk proses baru, jangan takut untuk mencobanya.

    Berikut adalah pertanyaan yang dapat membantu Anda membangun situs Anda:
    • Apakah navigasinya cepat?
    • Ada berapa halaman?
    • Apakah situsnya dalam?
    • Apa kategori dan sub-kategori?
    • Bagaimana produk dipromosikan?
    • Bagaimana konstruksi lembar produk?
    • Apakah blognya ada? Jika demikian, artikel apa yang dipublikasikan? Seberapa sering ? Apa nada dan pesannya?
    • Apa saja panggilan untuk bertindak hadir?
    • Bagaimana cara mengidentifikasi masalah SEO saat ini?

    Setelah semua analisis dan audit ini, saatnya untuk mendiagnosis situs e-commerce Anda dan elemen-elemen yang ada.

    Langkah pertama adalah mengidentifikasi semua kesalahan yang ada. Situs Screaming Frog melaporkan 404, 302, 301 kesalahan dan duplikat konten.

    Setelah memperbaiki semua masalah kecil yang ada, lihat seberapa cepat halaman terbuka. Perhatikan bahwa 40% pengguna meninggalkan situs jika butuh lebih dari 3 detik untuk memuat. Prospek tidak sabar. Jika mereka tidak dapat mengakses informasi di situs Anda, mereka akan pergi ke kompetisi. Jangan kehilangan peluang dengan mengoptimalkan waktu pembukaan. Pingdom memungkinkan Anda untuk menguji kecepatan situs Anda secara gratis.

    Seberapa pentingkah struktur situs dalam e-commerce?

    Dalam strategi rujukan alami, situs web adalah etalase bisnis Anda. Anda mendapatkan visibilitas, membuat tautan dengan pengguna Internet dan meningkatkan penjualan Anda. Semua ini dengan syarat aturan tertentu dihormati.

    Bagaimana cara membuat hierarki situs yang optimal di E-commerce?

    Situs Anda harus terorganisir dengan baik untuk memfasilitasi navigasi dan SEO Anda. Namun, pastikan Anda tidak membuat situs yang terlalu dalam. Batasi diri Anda hingga 3 level dengan menautkan semua halaman bersama dengan tautan.

    Untuk menyederhanakan:

    • Level 1 didedikasikan untuk beranda Anda.
    • Kategori produk sesuai dengan level 2.
    • Level 3 menyoroti sub-kategori.

    Misalnya, jika Anda memiliki toko perhiasan online. Struktur piramida yang ideal untuk SEO Anda adalah:
    • Halaman beranda dengan menyoroti seluruh penawaran dan DNA Anda.
    • Kategori di level 2 sesuai dengan perhiasan untuk wanita, pria, anak-anak atau bahkan perhiasan yang dapat disesuaikan.
    • Sub-kategori dibuat untuk menunjukkan semua produk Anda: kalung / gelang / anting / jam tangan / gelang, dll.

    Jika Anda lebih suka berbicara tentang corong daripada piramida, sangat mungkin. Idenya di sini adalah pergi dari yang terluas ke yang paling tepat. Kesederhanaan ini memungkinkan robot Google dan pengguna Internet untuk menavigasi lebih baik dalam konten Anda.

    Seberapa pentingkah beranda?

    Halaman beranda adalah hal pertama yang dilihat orang ketika mereka memasuki situs Anda. Itu harus sempurna dan dioptimalkan untuk SEO, karena biasanya halaman yang paling kuat di situs. Optimalkan untuk muncul di kata kunci utama aktivitas Anda.

    Tag judul
    Integrasikan nama bisnis Anda dan buat pesan komersial dengan kurang dari 70 karakter menggunakan kata kunci utama bisnis Anda.

    Deskripsi meta
    Uraian meta tidak memengaruhi peringkat situs, tetapi dapat memengaruhi rasio klik-tayang. Untuk meningkatkan peluang di pihak Anda, strateginya adalah menulis paragraf pendek dengan kata kunci utama Anda untuk membuat Anda ingin mengklik. Deskripsi ini muncul di hasil mesin pencari dengan kata kunci utama dalam huruf tebal. Buat pesan yang menarik dan berdampak untuk membuat Anda ingin mengklik.
    Baca juga: Cara mengoptimalkan tag deskripsi

    Isi
    Dalam hitungan detik, konsumen harus memiliki gagasan tentang tawaran Anda, tetapi juga citra merek Anda. Jangan menyajikan terlalu banyak data untuk menghindari kehilangan pengguna. Menjadi jelas, tepat dan ringkas. Tuliskan kalimat yang menawan, letakkan tombol ajakan bertindak di tempat-tempat strategis untuk menarik perhatian prospek.

    Bagaimana cara mengoptimalkan lembar produk?

    Lembar produk adalah halaman yang harus memiliki tingkat konversi tertinggi . Anda menyajikan penawaran Anda secara mendalam. Jadi pastikan untuk menyusunnya dan membuat strategi SEO.
    • URL pendek dengan kata kunci utama yang menunjuk produk.
    • H1 lembar produk Anda juga harus memiliki kata kunci yang dipilih. Cocok dengan nama yang Anda berikan. Misalnya, pada e-commerce Anda, Anda menjual kereta bayi, judul model harus "Stroller for child X".
    • Uraian singkat Anda harus mengandung setidaknya 300 kata dengan kata kunci dari daftar Anda.
    • Gambar harus memiliki nama. Isi kolom Alt Text secara langsung.
    • Tulis paragraf mini untuk deskripsi meta Anda agar orang ingin menemukan produk Anda.

    Langkah-langkah ini harus dilakukan untuk semua produk di toko online Anda. Anda juga dapat menerapkan pendekatan ini untuk kategori di situs. Baca juga : Cara mengoptimalkan gambar.

    Sebagai bonus, jangan ragu untuk membuat spanduk "produk serupa" atau "Anda mungkin suka". Ini meningkatkan waktu kunjungan ke situs Anda dan meningkatkan penjualan e-commerce tambahan.

    Bagaimana cara mengintegrasikan tautan internal antar halaman?

    Setelah mengoptimalkan struktur umum situs, strategi SEO tidak lengkap tanpa kerja jaringan internal yang mendalam. Anda harus menautkan halaman bersama dengan tautan internal situs Anda. Selalu punya rencana tautan. Algoritme sangat kuat. Mereka berhasil mendeteksi praktik-praktik pelecehan. Buat koneksi logis dan bukan jaring internal yang benar-benar kacau.

    Setelah menyelesaikan struktur dan tautan internal situs Anda, jangan ragu untuk mengirimkannya ke Google sehingga robot mempertimbangkan semua halaman dan modifikasi Anda.

    Mengapa memiliki versi seluler dari toko online?

    Untuk mendapatkan tempat yang baik di mesin pencari, kerjakan versi seluler situs Anda. Sangat penting bahwa penawaran Anda mudah dan cepat diakses dari smartphone atau tablet. Ini disebut memiliki konten responsif.

    Memang, mengikuti kegilaan seputar smartphone dan penggunaan sehari-hari oleh konsumen, Google telah mengubah algoritme-nya.

    Sekarang, konten pertama yang dianalisis adalah seluler. Mereka datang sebelum konten komputer.

    Ingatlah bahwa 61% pengguna pergi ke pesaing jika situs tersebut tidak beradaptasi dengan seluler.

    Bagaimana cara menggunakan blog di E-commerce?

    Beberapa toko online memiliki blog. Yang lain tidak. Apa dampak dari praktik ini? Memiliki blog e-commerce sangat membantu terutama jika Anda sedang mengerjakan strategi SEO.

    Melalui blog, bisnis Anda dapat mengatur strategi konten, fokus pada pemasaran konten dan mendapatkan visibilitas.

    Berikut ini adalah daftar lengkap dari semua keuntungan memiliki blog e-commerce:

    • Buat berbagai jenis artikel untuk menunjukkan efektivitas penawaran Anda.
    • Posisikan diri Anda sebagai seorang ahli di bidang Anda.
    • Integrasikan lebih banyak kata kunci untuk mendapatkan poin SEO.
    • Terbitkan secara teratur dan tunjukkan bahwa situs Anda aktif.
    • Sorot kontes, promosi, dan berita tentang Anda.
    • Manfaatkan musim untuk komunikasi Anda: Natal, Halloween, BlackFriday, Paskah, liburan musim panas, Hari Ibu ...
    • Optimalkan semua konten yang dibuat.
    • Memotivasi untuk membeli dengan membuktikan keahlian dan keterampilan Anda.

    Semua elemen ini menunjukkan algoritme upaya Anda untuk menerbitkan konten berkualitas dan relevan. Tetapi di atas semua itu, di semua artikel yang diterbitkan Anda memiliki kemungkinan untuk mengintegrasikan kata kunci yang kuat dan membuat gelembung semantik. Yang hampir tidak mungkin dengan lembaran produk.

    Bagaimana cara mengaudit SEO situs E-commerce dan menganalisis hasilnya?

    Setelah mengatur strategi SEO Anda, Anda perlu menganalisis hasil dan evolusi visibilitas Anda. Elemen yang berbeda harus dianalisis untuk memahami dampak strategi SEO perusahaan Anda.
    • Analisis tautan dan konten situs Anda: halaman kesalahan, cara kerja URL, duplikat konten.

    • Periksa optimisasi struktur situs Anda dan navigasi untuk pengguna dan pengunjung Internet.

    • Lihat juga jumlah halaman yang diindeks. Pada bilah pencarian, ketik "situs: namasitus.com  ". Melalui analisis ini, Anda tahu berapa banyak artikel dan konten yang Google perhitungkan di situs Anda.

    • Uji kecepatan pemuatan halaman Anda. Bahkan jika itu cepat, pastikan untuk memperbaikinya. Untuk mendapatkan gagasan tentang kemungkinan perubahan, buka Google PageSpeed Insight Tool. Pada versi seluler Anda atau versi komputer, alat ini memberi Anda semua saran untuk perbaikan.

    • Google Analytics adalah alat gratis yang disediakan untuk Anda oleh Google. Ini penuh dengan informasi tentang data di situs Anda. Apakah itu tingkat konversi, lokasi pengunjung, waktu yang dihabiskan, jumlah tampilan halaman, semuanya dianalisis dan diteliti dengan cermat. Berkat platform ini, dapatkan akses ke semua data Anda dan targetkan tindakan Anda sesuai dengan tujuan Anda.

    • Analisis apa yang paling berhasil dan kembangkan.

    • Jaga pengalaman pengguna umum dan elemen jaminan untuk mengoptimalkan konversi;

    • Penting untuk menentukan indikator kinerja SEO utama Anda agar dapat memantau dengan lebih baik hasil tindakan Anda (konversi, lalu lintas, lama kunjungan, dll.).

    Kemungkinan kesalahan SEO

    Toko online baru sering mereproduksi kesalahan yang sama dalam hal SEO.

    Berikut adalah beberapa masalah umum e-commerce yang dapat memengaruhi peringkat Anda di hasil Google:

  • Situs Anda mengandung terlalu banyak halaman yang tidak terorganisir: terlalu dalam, 404 kesalahan mungkin ada.
  • Konten yang digandakan secara internal. Konten yang sama digunakan pada banyak halaman.
  • Jumlah konten yang dipublikasikan rendah dan karenanya pencarian organik rendah.
  • Situs ini terlalu lambat.
  • Konten yang digunakan sudah ada di situs lain.
  • Judul halaman semuanya sama.
  • Lembar produk memiliki teks yang sangat pendek dan tanpa nilai.
  • Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Untuk Mempersiapkan Strategi SEO E-Commerce"