Tips Optimalkan Koneksi Internet Agar Pekerjaan Tak terganggu

Lalu lintas internet meningkat belakangan ini seiring anjuran bekerja dan belajar dari rumah. Akses internet memang menjuadi semakin dominan karena dijadikan sebagai alternatif mempertahankan kehidupan di tengah keterbatasan kontak fisik di masa pandemi.

Tips Optimalkan Koneksi Internet Agar Pekerjaan Tak terganggu


Sayangnya, peningkatan akses internet juga berdampak pada semakin seringnya gangguan terjadi.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Optimalkan Koneksi?

Akibat yang ditimbulkan oleh ganggaun jaringan internet ini pun bervariasi tergantu pada kepentingan pengguna. Bagi para pekerja, koneksi yang tidak stabil atau bahkan terhenti akan menghambat jalannya rapat atau kolaborasi untuk proyek tertentu.

Begitu pula dengan pelajar yang sedang menyimak streaming video materi belajar menjadi kurang maksimal belajarnya karena tayangan yang terputus-putus dan sebagainya.

Untuk mencegah gangguan seperti ini terjadi di pihakmu sebagai pengguna, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan, antara lain :

Sesuaikan Penggunaan Wifi

Wifi yang memiliki kapasitas dan keterbatasan tertentu, nyatanya juga perlu diakali penggunaannya agar setiap pengguna bisa merasakan koneksi yang optimal. Buatlah jadwal penggunaan Wifi bila Kamu menggunakan jaringan tersebut secara bersama-sama, seperti di rumah, kontrakan ataupun di kost.

Sepakati waktu penggunaan dan porsi penggunaan bandwith ataupun kuota. Semakin sedikit perangkat yang terhubung dalam sekali waktu, maka semakin baik koneksi yang didapat perangkat.

Sesuaikan Posisi Router 

Posisi router termasuk sebagai hal penting terhadap penggunaan Wi-Fi. Pastikan pemancar ini berada di tempat yang tak terhalang oleh benda lain semisal dinding, pintu atau bahkan meja agar dapat memancarkan jaringan wireless lebih optimal ke perangkat penerima. Selain meletakkannya di tempat yang tinggi, tak ada salahnya pula Kamu letakkan alat ini di dekat meja kerja.

Sesuaikan Jumlah Perangkat 

Seperti yang dijelaskan, makin sedikit perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi rumah, maka makin cepat pula kecepatan internet yang didapat perangkat. Maka dari itu, sebaiknya matikan saja perangkat yang sudah tidak membutuhkan akses wifi.

Contoh Kamu bekerja menggunakan laptop, agar koneksi laptop optimal, matikan Wifi smartphone yang masih mengaksesnya. Agar tidak menjadi beban bagi Wifi, tak ada salahnya Kamu mematikan perangkat yang tidak membutuhkan sambungan.

Ganti Password

Untuk mencegah penggunaan di luar sepengetahuanmu sebagai pemilik Wifi, Kamu juga dianjurkan untuk rajin mengganti password. Pastinya Kamu tidak mau kan bandwith terbagi pas sedang butuh-butuhnya.

Sesuaikan Penggunaan Badwith

Maksudnya, hindari memaksakan diri untuk mendownload atau upload data berukuran besar pada jam-jam sibuk, dimana banyak orang yang juga mengakses internet bersamaan. Selain mencegah kegagalan operasi yang berakibat data corrupt, menghindari jam sibuk juga membuat proses unduh dan unggah tersebut menjadi jauh lebih cepat sehingga lebih hemat listrik. 

Manfaatkan Ad Block dan Cache Cleaner

Iklan menjadi hal yang tak terelakkan pada saat menjelajah internet. iklan juga bisa membuat koneksi terganggu lantaran ia juga membutuhkan sejumlah data agar bisa ditampilkan. Untuk mencegahnya terus-menerus dimuat, Kamu bisa memanfaatkan pemblokir iklan (Ad Blocker ) baik itu ekstensi browser atau bahkan software. 

Cache yang memenuhi penyimpanan perangkat juga bisa membuat pengalamanmu tidak optimal meskipun koneksimu berada pada kondisi prima. 

Gunakan Koneksi Kabel

Tak jarang koneksi wireless memiliki jeda yang disebabkan oleh sinyal yang mondar-mandir dari router ke perangkat dan sebaliknya. Sebagai alternatif, Kamu bisa menghubungkan perangkat router dengan laptop secara langsung menggunakan kabel.

Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan koneksi yang lebih bebas hambatan dair router.


Itulah beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk mengoptimalkan koneksi internet laptop dari Wifi. Dengan begitu, Kamu bisa lebih maksimal dalam bekerja ataupun belajar.

Selain itu, Kamu yang doyan memainkan game yang membutuhkan koneksi realtime juga bisa mencoba beberapa tips di atas agar pengalaman bermain menjadi lebih mulus

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel