Bansos BLT BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini, Berikut Cara Daftar dan Cek Daftar Penerima

Bansos BLT BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini, Berikut Cara Daftar dan  Cek Daftar Penerima

Kemensos memutuskan untuk memperpanjang Program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu per Kepala Keluarga (KK) hingga Juni 2021. BST ini diperuntukan untuk masyarakat yang terimbas dampak Covid-19, berikut ini cara daftar dan link pendaftarannya.

Pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk meredam kenaikan angka kemiskinan. Salah satunya adalah pemberian melalui Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sebelumnya diberitahukan bahwa 9 juta keluarga dapat BST sebesar Rp 600 ribu per KK, yang kini turun jadi Rp 300 ribu per KK.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan secara umum, hal itu dilakukan Kemensos dengan perluasan target penerima manfaat dan meningkatkan indeks bantuan. 

Hal ini didukung juga oleh, Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras yang menyatakan, Kemensos memiliki kontribusi signifikan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi.

“Pemerintah melakukan percepatan dan penguatan subsidi dan bansos untuk masyarakat miskin dan rentan miskin. Tercatat pagu Kemensos untuk program PEN mencapai Rp128,168 triliun, dengan realisasi sudah di angka 81%. 

Ini tentu diharapkan memberikan dorongan kuat terhadap pemulihan ekonomi,” kata Sekjen di Jakarta 18 Oktober 2020.

BST merupakan salah satu bansos khusus yang diluncurkan Kemensos untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat dan menjaga daya beli selama pandemi COVID-19. 

BST diberikan senilai Rp600 ribu pada Gelombang I yakni April-Juni 2020 dan Rp300 ribu pada Gelombang II pada Juli – Desember 2020.

Bantuan Sosial Tunai (BST) ini mulanya direncanakan berjalan hingga Desember 2020. Namun karena masyarakat dirasakan masih butuh BST, program yang dijalankan sejak April 2020 ini diperpanjang hingga tahun depan.

BST gelombang I dan II hanya menjangkau 33 provinsi karena DKI Jakarta mendapatkan bantuan sosial sembako. Sedangkan pada 2021 BST akan menjangkau semua provinsi termasuk DKI Jakarta.

Tercatat realisasi BST Rp 300 Ribu secara nasional hingga saat ini sudah mencapai 82 persen.

Berikut adalah syarat penerima BST Kemensos Rp 300 Ribu:

1. Calon penerima BST Kemensos Rp 300 Ribu adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.

2. Penerima BST Kemensos Rp 300 Ribu adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi corona.

3. Pastikan Anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.

4. Jika calon penerima BST Kemensos Rp 300 Ribu tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.

5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.

6. Jika penerima BST Kemensos Rp 300 Ribu sudah terdaftar dan valid maka BLT akan diberikan melalui tunai dan non tunai. 

Non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima dan tunai boleh menghubungi aparat desa, bank milik negara atau diambil langsung di kantor pos terdekat.

Sementara untuk cek nama penerima bisa dilakukan melalui situs berikut ini:

1. https//cekbansos.siks.kemensos.go.id

2. Aplikasi SIKS-Dataku Kementerian Sosial, dapat didownload melalui PlayStore.

Sumber informasi ini dirangkum dari laman pikiran-rakyat.com, semoga bermanfaat

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel