Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Naga?

Pola makan yang sehat selama kehamilan dapat menunjang kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Umumnya, beragam buah-buahan dan sayuran adalah  makanan yang bagus untuk ibu hamil. 

Melansir Live Strong, manfaat makan buah bagi ibu hamil dapat memberikan pasokan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. 

Dari berbagai jenis buah-buahan, beberapa ibu hamil jamak mempertanyakan, "Makan buah naga untuk ibu hamil dan ibu hamil muda, bolehkah?" 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui nutrisi buah naga.

Nutrisi buah naga 

Buah naga adalah salah satu buah tropis dengan daging buah berwarna putih, merah, dan memiliki biji hitam yang bisa dimakan. 

Melansir Mom Junction, buah naga adalah asupan rendah kalori yang bebas kolesterol dan lemak. 

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), makan satu porsi atau 100 gram buah naga dapat memberikan nutrisi sebagai berikut: 

- Kalori 264 kkal 

- Karbohidrat 82,1 gram 

- Serat 1,8 miligram 

- Kalsium 107 miligram 

- Vitamin C 6,4 miligram


Makan buah naga untuk ibu hamil, bolehkah? 

Buah naga termasuk salah satu mitos makanan pantangan selama kehamilan. 

Padahal faktanya, buah naga mengandung gula alami, karbohidrat, serat, kalsium, dan vitamin C yang baik untuk tubuh, termasuk ibu hamil. 

Pada dasarnya, ibu hamil boleh makan buah naga, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Satu buah naga berukuran sedang beratnya bisa mencapai 350 gram-400 gram. 

Idealnya, ibu hamil tanpa masalah kesehatan penyerta disarankan mengonsumsi 200 gram buah dalam sehari. Jadi, jika ingin makan buah naga, cukup separuh bagian buah saja. 

Mengingat kondisi ibu hamil berlainan, agar lebih yakin aman dengan porsi buah naga yang disarankan, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi ke dokter.

Sumber: kompas

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel