Cara Ajukan BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos, Cek Caranya Di Sini

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bantuan bagi Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi. Tak perlu daftar, simak cara dapatkan BLT Modal Usaha Rp3,5 juta dari Kemensos.

Program BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini disalurkan oleh Kemensos untuk mengatasi dampak dari Pandemi Covid-19 bagi pemilik usaha PKH. 

Anggaran dari program ini senilai Rp5 miliar, yang akan menyasar kepada 10 ribu KPM PKH Graduasi, masing-masing akan mendapatkan Rp500 ribu.

Tidak semua masyarakat akan mendapatkan dana dari program bantuan BLT Modal Usaha Rp3,5 juga, karena pihak Kemensos hanya akan menyalurkan kepada PKH graduasi yang terseleksi. 

Sehingga yang akan tidak ada pendaftaran dalam program ini, hanya akan diberikan kepada PKH yang sudah di graduasi.

“Rintisan usaha yang dikelola PKM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro,” kata Menteri Sosial Juliari P Batubara pada 15 November 2020 sebagaimana Fix Indonesia mengutip dari laman resmi Kemensos.

Berikut syarat mendapatkan BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos tanpa daftar, diantaranya:

- Warga miskin/rentan miskin

- Anggota KPM PKH yang sudah di graduasi

- Memiliki Usaha Mikro

PKH yang sudah di graduasi akan menerima pendampingan dan bantuan insentif modal usaha senilai Rp3,5 juta per KPM untuk mengembangkan usahanya. BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini diharapkan bisa mengembangkan usahanya dan mandiri secara ekonomi.

Program BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini pelaksanaannya akan didampingi oleh Tenaga Kerja Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Para Pendamping juga nantinya akan dibekali pelatihan untuk mengarahkan KPM PKH Graduasi agar menjadi lebih sejahtera.

“Program PKH tidak akan bisa sukses jika peran pendamping tidak optimal. Pendamping merupakan garda terdepan ujung tombak dari program PKH,” ucap Mensos.

Para penerima program BLT Modal Usaha Rp3,5 juta dari Kemensos yang sudah di graduasi, nantinya akan diberitahukan melalui pendamping PKH.

Penyaluran dana BLT Modal Usaha Rp3,5 juta dari Kemensos akan diberikan melalui Bank Himbara Bank BNI. Untuk kedepannya, akan disalurkan juga melalui Bank Himbara Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN.

PKH yang sudah di graduasi untuk mendapatkan BLT Modal Usaha Rp3,5 juta, perlu memperhatikan jenis usaha yang PKH miliki, agar mendapatkan pendampingan dan dananya bisa segera cair.

Berikut Jenis Usaha yang akan mendapatkan dana bantuan BLT Modal Usaha Rp3,5 juta dari Kemensos, di antaranya:

  • Usaha kelontong.
  • Usaha Kuliner.
  • Pedagang.
  • Penjahit.
  • Pertanian.
  • Peternakan.

Untuk mengetahui program bantuan ini, Anda bisa mengeceknya di website dtks.kemensos.go.id.

Berita ini telah tayang di pikiran-rakyat.com dengan judul Tak Perlu Daftar, Segera Dapatkan BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos, Simak Caranya Di Sini

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel