Cukup dari HP Begini Cara Daftar Bantuan Program Indonesia Pintar dan Cek Penerima di pip.kemdikbud.go.id


Untuk kalian yang ini tahu cara daftar untuk mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) atau cek daftar penerima bantuan PIP.

PIP adalah bantuan yang ditujukan kepada pelajar di jenjang SD, SMP dan SMA atau SMK, nantinya PIP akan disalurkan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Bantuan tersebut berupa uang tunai yang dapat dimanfaatkan penerima untuk memenuhi kebutuhannya dalam menempuh pendidikan.

Adapula besaran bantuan dana PIP sesuai dengan tingkat pendidikan sebagai berikut:

- Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000/tahun

- Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000/tahun

- Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000/tahun

Sedangkan untuk cara mendapatkan bantuan PIP atau KIP dengan mendaftarkan diri ke sekolah atau lembaga pendidikan nonformal lainnya.

Berikut adalah cara mendaftar bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), dikutip Lingkar Kediri dari situs indonesiapintar.kemdikbud.go.id:

1. Anak mendaftarkan diri sebagai calon penerima PIP ke Sekolah/SKB/PKBM/LKP

2. Menyeleksi dan menyusun daftar peserta didik sebagai calon penerima PIP, dan masukan daftar usulan peserta didik ke Dapodik kemudian menyampaikan daftar usulan ke dinas pendidikan setempat (untuk SD dan SMP).

3. Menyetujui usulan dari sekolah dan menyampaikan usulan dari sekolah ke direktorat teknis kemudian memverifikasi usulan dari SD dan SMP melalui HP

4. Menetapkan SK penerima dana PIP sesuai data Dapodik. Untuk SMA dan SMK menerima Sk dari Direktorat Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan dan Direktorat pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Kemudian menginstruksikan lembaga penyalur untuk transfer dan aPIP ke rekening peserta didik.

5. Membuat rekening PIP per peserta didik penerima berdasarkan SK direktorat teknis

6. Lembaga penyalur mentransfer dana PIP ke rekening peserta didik dan menginformasikan peserta didik atau keluarga melalui dinas pendidikan setempat bahwa dana sudah siap diambil.

7. Direktorat teknis menyampaikan SK penerima PIP ke sekolah dengan tembusan ke dinas pendidikan provinsi dan memantau perkembangan pencairan dana PIP.

8. Dinas pendidikan kota /kabupaten menyampaikan SK dan daftar nama penerima dan mengkoordinasikan jadwal pengambilan dana dengan sekolah

9. Sekolah menginformasikan peserta didik bahwa dana siap dicairkan dan membuat surat keterangan untuk mencairkan dana PIP serta menginformasikan jadwal pencairan PIP

10. Siswa harus membawa surat keterangan dan persyaratan lain untuk pengambilan dana dan dana PIP bisa diambil di lembaga penyalur.

Lebih lanjut, berikut cara cek daftar penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP):

  1. Kunjungi link berikut pip.kemdikbud.go.id [KLIK DISINI]
  2. Kemudian klik 'Cek Penerima PIP'
  3. Setelah itu, masukkan NISN, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa.
  4. Jika sudah mengisi data tersebut, kemudian klik 'Cek Data'
  5. Kemudian akan muncul nama siswa, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur
Perlu diketahui, program bantuan PIP merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Sumber informasi ini dirangku dari laman pikiran-rakyat.com, semoga bermanfaat

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel