Gunakan NISN, Begini Cara Mudah Cek Penerima PIP



Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat program untuk meningkatkan taraf pendidikan.

Program dari Kemendikbud ini dinamakan Program Indonesia Pintar (PIP). Program bantuan dana ini dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Bantuan tunai pendidikan ini untuk anak usia sekolah dari keluarga miskin dan rentan miskin yang sedang mengikuti pendidikan formal ataupun nonformal.

Bantuan tersebut disalurkan untuk siswa dan siswi sekolah dasar hingga mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi.

Program Indonesia Pintar (PIP) menjadi salah satu komitmen pemerintah untuk mencerdaskan putra putri bangsa.

Lewat program ini, para peserta didik dapat terbantu dalam membeli perlengkapan sekolah, diantaranya buku dan alat tulis.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi siswi sekolah dasar hingga mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi yang sedang menempuh jenjang pendidikan.

PIP adalah program bantuan tunai pendidikan untuk anak usia sekolah dari keluarga miskin dan rentan miskin yang mengikuti pendidikan formal maupun non formal.

Bantuan PIP disalurkan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan dicairkan dalam bentuk dana tunai.

Untuk tingkat SD/MI/Paket A, setidaknya pemerintah berikan bantuan tunai sebesar Rp450.000 per tahun, sebagaimana diberitakan Seputar Tangsel, "Bantuan Tunai Rp1 Juta untuk Pelajar dan Mahasiswa dari Kemendikbud, Begini Cara Cek Daftar Penerima".

Selanjutnya untuk tingkat SMP/MTs/Paket B, peserta didik akan terima bantuan sebesar Rp750.000 per tahunnya.

Kemudian, untuk untuk tingkat SMA/SMK/MA/Paket C, pemerintah juga akan berikan dana bantuan sebesar Rp1 juta per tahun.

Lalu, bagaimana caranya memeriksa apabila kamu terdaftar ke dalam Program Indonesia Pintar (PIP) pemerintah?

Pertama, kamu hanya perlu login ke laman pip.kemdikbud.go.id, lalu klik 'Cek Penerima PIP'.

Setelah itu, kamu masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Tanggal lahir dan Nama Ibu Kandung Siswa.

Setelah memasukkan data tersebut, kamu dapat klik 'Cek Data', dan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal, serta bank penyalur.

Mudah bukan?

Sementara untuk kamu yang sudah memasuki jenjang perguruan tinggi dan sedang berkuliah, kamu dapat memeriksanya di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Sumber: https://portaljember.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-161151116/cara-mudah-cek-penerima-pip-jangan-lupa-siapkan-nomor-induk-siswa-nasional-atau-nisn

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel