Vaksinolog Menyebu Ibu Hamil dan Lansia Boleh Diberikan Vaksinasi


Jika Anda pernah mendengar bahwa ibu hamil dan orang lanjut usia ( lansia) tidak diperbolehkan diberikan vaksinasi, maka ahli menegaskan bahwa pernyataan ini adalah keliru. 

Hal ini disampaikan oleh Vaksinolog dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Dirga Sakti Rambe dalam tayangan informatif yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Vaksinasi untuk ibu hamil 

" Ibu hamil boleh bahkan sangat penting menerima vaksinasi," kata Dirga dalam tayangan informatif bertajuk Ibu Hamil dan Lansia, Bolehkah di Vaksin?, Senin (21/12/2020).

Dirga mengatakan, kita tahu bahwa banyak penyakit-penyakit infeksi yang bila terjadi pada masa kehamilan, dapat memengaruhi tumbuh-kembang janin dan dapat memengaruhi kondisi kehamilan secara langsung. 

Apabila ibu hamil tidak diberikan imunisasi atau vaksinasi influenza yang terkena influenza, jika selama periode kehamilan itu ia menderita influenza, maka itu akan menambah risiko ibu tersebut melahirkan secara prematur. 

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar vaksinasi ibu hamil yang dapat diberikan seperti vaksin influenza, juga beberapa vaksin penting lainnya.



"Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksin hidup. Misalnya vaksin MMR, vaksin Campak, vaksin Cacar Air, itu harus ditunda hingga kehamilannya selesai," ujarnya.

Vaksinasi untuk lansia 


Selain ibu hamil, ditegaskan bahwa vaksinasi juga bisa diberikan pada lansia. Sebab, pada orang lansia terjadi penurunan sistem imunitas akibat proses penuaan. 

Sehingga, menyebabkan lansia termasuk ke dalam kelompok yang sangat rentan untuk terinfeksi berbagai penyakit. Berikut beberapa rekomendasi khusus vaksinasi yang bisa diberikan pada lansia.

1. Vaksin Pneumonia Pemberian vaksin Pneumonia pada lansia ini digunakan untuk mencegah radang paru yang dapat mematikan bagi lansia. 

2. Vaksin influenza Pemberian vaksin influenza menjadi penting bagi lansia untuk mencegah terinfeksi virus influenza yang bisa berkomplikasi menjadi radang paru yang berat jika tidak ditangani secara tepat dan sesegera mungkin. 

Selanjutnya adalah pemberian vaksin Herpes Zoster atau Cacar Ular juga direkomendasikan untuk vaksinasi lansia.


ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel