Cara Memperlancar Haid dengan Pil KB hingga Diet Sehat



Siklus haid dianggap normal jika berjarak antara 24 hingga 38 hari. Lebih dari itu, menstruasi bisa dianggap terlambat. 

Keterlambatan ini tak selalu karena hamil, penyebab lain seperti stres dan pola makan juga bisa mempengaruhi. Adakah cara untuk memperlancar haid?


Dilansir dari Medical News Today, beberapa cara seperti olahraga, relaksasi, orgasme dapat membantu haid datang teratur. 

Sebagian oranh juga mengontrol siklus menstruasi dengan menggunakan kontrasepsi hormonal tertentu.

Berikut cara melancarkan haid.

1. Mengonsumsi pil KB
Kontrasepsi hormonal, seperti pil KB yang mengandung estrogen dan progestin, adalah metode yang paling dapat diandalkan untuk mengendalikan siklus menstruasi. 

Namun, jika pil KB tersebut bukan yang diresepkan dokter, bisa jadi kurang dapat diandalkan untuk memperlancar menstruasi dan mencegah kehamilan.

2. Olahraga
Olahraga ringan dapat mengendurkan otot dan membantu menstruasi datang sedikit lebih cepat. 

Namun, metode ini belum dibuktikan dalam penelitian ilmiah. Tapi hati-hati memilih jenis olahraga. Pola olahraga yang berat dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur pada sebagian orang.

3. Relaksasi
Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi berhubungan dengan ketidakteraturan menstruasi. Jadi, jika ingin haid lancar, temukan cara untuk rileks dan menghilangkan stres. 

Beberapa pilihan relaksasi yang bisa dicoba antara lain yoga yang ringan, jurnal, meditasi, dan berkumpul bersama teman dan orang yang dicintai dapat membantu menurunkan tingkat stres.

4. Orgasme
Percaya atau tidak, seks dan orgasme juga bisa membantu mendatangkan menstruasi. Kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

5. Diet dan mengontrol berat badan
Perubahan berat badan seseorang dapat mempengaruhi menstruasi. Berat badan rendah dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan dapat menyebabkan menstruasi berhenti sama sekali. Ini karena tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon yang berhubungan dengan menstruasi.

Sebaliknya, berat badan yang berlebihan atau mengalami perubahan berat badan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Pola makan tertentu juga dipercaya dapat menunda atau mempercepat menstruasi dan memengaruhi aliran darah sealam periode. Ini mungkin karena kandungan lemak relatif, protein, dan nutrisi lainnya dalam makanan.

Pembatasan kalori yang berlebihan atau olahraga yang berlebihan juga dapat berdampak pada hormon reproduksi dan ovulasi.

Sumber: tempo.co

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel