Telah di Buka Kembali! Berikut Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 dan Besaran Insentif di Tahun 2021



Nurnajma.com - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021 segera dibuka, ini besaran insentif uang yang akan diterima peserta jika berhasil lolos seleksi.

Kartu Prakerja adalah program peningkatan kompetensi kerja yang diberikan dalam bentuk pelatihan kerja dan intensif pasca pelatihan.

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. 

Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Baca Juga: Akan di Buka Kembali, Yuk Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 di www.prakerja.go.id, Simak Syarat dan Cara Mendaftar Disini

Baca Juga: Cek Nama BLT UMKM Rp 2,4 Juta! Apakah NIK KTP Anda di Eform BRI? Jika Belum Ini Solusi nya

Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi.

Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat.

Tidak hanya pengangguran, orang yang sudah bekerja dan berwirausaha boleh mendaftar program kartu prakerja, namun program ini diprioritaskan pada usaha mikro kecil menengah yang terdampak Covid-19.

Ditahun ini, pemerintah lewat Program Kartu Prakerja, telah menyiapkan tujuh platform digital dengan total 150 lembaga pelatihan, 1.600 pelatihan online tergabung di dalamnya.

Baca Juga: Tanpa Daftar Begini Cara Dapat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos, Cek KTP di dtks.kemensos.go.id

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Direktur Eksekutif Project Management Officer (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan, peserta yang sudah menerima insentif tahun 2020 tidak bisa kembali mendapatkan insentif di tahun 2021.

Namun terdapat perbedaan antara gelombang 12 dengan Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Denni menegaskan, bagi pendaftar yang sudah memasukkan data di gelombang sebelumnya tinggal menunggu pembukaan gelombang berikutnya di tahun 2021.

Sebab, data mereka sudah tersimpan di dalam database PMO dan tidak perlu mengisi data seperti saat mendaftar pertama kali di www.prakerja.go.id/. Anda tinggal mengecek atau menunggu email balasan dari pengelola Kartu Prakerja.

Melansir dari website resmi Kartu Prakerja, secara rinci bantuan Kartu Pra Kerja akan diberikan bertahap sebanyak 8 kali.

Baca Juga: Simak 7 Kriteria Ini Agar Lolos, Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka Kembali Tahun Ini

Secara detail yaitu biaya pelatihan senilai 1 Juta rupiah yang akan diberikan dalam bentuk pelatihan sebanyak satu kali.

Kemudian Insentif pasca pelatihan senilai 600 ribu, yang akan diberikan secara berangsur sebanyak 4 kali.

Dan yang terakhir adalah insentif survei kebekerjaan sebesar 50 ribu yang juga akan diberikan secara berangsur sebanyak 3 kali.

Sebelum mendaftar, pastikan Anda memenuhi 3 kriteria dasar yaitu Anda merupakan warga negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Baca Juga: BLT UMKM PNM Mekaar di BNI Masih Diblokir? Simak Panduan Ini Agar BPUM Bisa Cair!

Kemudian, Anda cukup akses situs resmi pra kerja di website resmi Kartu Pra Kerja kemudian buat akun dan mendaftar Kartu Pra Kerja.

Lalu, bagi Anda yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Gelombang 12 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Artikel ini sudah tayang di fixindonesia.com dengan judul: "Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021, Ini Besaran Insentif yang Diterima Jika Berhasil"

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel