Mengenal Perkembangan Teknologi, Soal serta Jawaban Buku Tematik SD Tema 7 Kelas 3 Halaman 29 30 31 & 33 34 36 Pembelajaran 4



Mari belajar soal dan kunci jawaban Buku Tematik SD / MI yang terdapat pada artikel berikut ini.

Manfaatkan soal dan kunci jawaban ini sebagai panduan belajar anak di rumah.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa mesti menjawab sendiri soal-soal yang tersedia.

Simak kunci Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Kelas III SD/MI Tema 7 Kelas 3.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 ini membahas materi berjudul Perkembangan Teknologi pada subtema 1 tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan.

Kunci Jawaban Tema 7 kelas 3 subtema 1 ini untuk soal yang pada halaman 29, 30, 31, 33, 34, 36 di pembelajaran 4.

Berikut Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 halaman 29, 30, 31, 33, 34, 36.

Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni.

Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda. Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni, Siti, Lani, dan yang lainnya.

Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa.

Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah diIndonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing.Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 30

Ayo Berdiskusi

Amati gambar pakaian khas daerah Indonesia berikut! Dapatkah kamu menyebutkan asal daerah pakaian di bawah ini?


Jawaban:

Lampung, Sumatara Barat, Ulos sumatra utara, Jogjakarta

Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah. Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam atau berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 31

Perhatikan pula teks bacaan di atas!

Apakah Udin dan teman-teman membawakan budaya dari daerah yang sama?

Jawaban: Udin dan teman-teman membawakan budaya daerah yang berbeda-beda.

Apakah kita perlu mengenal dan memahami daerah-daerah lain di Indonesia?

Jawaban: Sangat perlu agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Diskusikanlah dengan temanmu!

Ayo Mengamati


Tema 7 Kelas 3 Jokowi pakai baju adat

Pada perayaan kemerdekaan RI ke-72 yang bertempat di istana Merdeka, Presiden RI Joko Widodo beserta para tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Walau memakai pakaian yang berbeda, setiap orang saling menghargai perbedaan tersebut. Dengan memahami perbedaan, kita telah menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 33

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tersebut:

Apakah pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?

Jawaban: Pakaian yang dikenakan menunjukan keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia.

Apakah penting bagi kita untuk menghargai keragaman?

Jawaban: Sangat penting karena menghargai perbedaan, kita telah menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Sampaikan informasi yang kamu peroleh di depan kelas secara bergantian!

Ayo Membaca

Salah satu makanan yang disukai Udin dan temanteman adalah keripik singkong atau karupuak sanjai yang dibawa oleh Siti. Benipun ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang menggunakan bahan dasar singkong.

Bacalah teks berikut !

Pengolahan Singkong

Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.

Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebih lama.

Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau lebih.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 35

Amati gambar di bawah ini! Lingkari makanan yang dihasilkan oleh teknologi pangan!

Jawaban:


Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 36

Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas

Paragraf 1 : Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan.

Paragraf 2 . . . .

Jawaban: Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong

Paragraf 3 . . .

Jawaban: Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan

Buatlah ringkasan dari isi teks “Pengolahan Singkong”! Ceritakan ringkasan yang telah kamu buat di hadapan teman-temanmu!

Jawaban: Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan

Ayo Mengamati

Setelah mengetahui pengolahan makanan berbahan dasar singkong, Udin mengajak Edo dan Beni berenang. Udin, Edo, dan Beni senang bermain di kolam renang. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sana. Sambil bersenang-senang, mereka selalu memperhatikan keselamatan diri dan teman di sekitar.

Udin, Edo, dan Beni mencoba gerakan mengambang tanpa pelampung. Edo membantu Beni berlatih mengambang. Edo berdiri di dalam kolam. Tangannya memegang tangan Beni. Beni mengambangkan tubuhnya sambil menggerakkan kaki. Mereka melakukan kegiatan secara bergantian.

Ayo Berlatih
Beni mencoba berlatih mengambang sendiri di kolam dangkal. Gerak dasar mengambang dapat dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap berikut:

1. Berdiri tegak di pinggir kolam.

2. Peganglah tepi kolam dengan dua jari dari setiap tangan.

3. Rapatkan perut pada dinding kolam.

4. Tarik napas dalam-dalam. Lepaskan pegangan.

5. Masukkan kepala ke dalam air.

6. Kepala muncul perlahan di permukaan air sambil hembuskan napas.

7. Posisi tangan sejajar bahu.

8. Lakukan gerakan berenang di tempat dengan posisi tubuh sejajar dengan air.

9. Kedua kaki digerakkan bergantian.

10. Lakukan berulang-ulang.


(pt)

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel